Proxifier

Penggunaan internet yang berbasis proxy sering dianggap merepotkan. Hal ini dikarenakan belum tentu aplikasi aplikasi yang ada memiliki pilihan penggunaan proxy. Seperti contoh saat menggunakan internet ITB, Sony PC Companion saya tidak bisa berjalan. Setelah mencari-cari berbagai refrensi, saya mendapatkan aplikasi bernama proxifier.

Proxifier membuat sebuah pintu dimana semua aplikasi yang akan menuju port internet, dipaksa untuk masuk terlebih dahulu ke pintu yang dibuat oleh proxifier. Semua yang masuk ke pintu tersebut akan secara otomatis sudah masuk dalam proxy.

Berikut tampilan proxifier yang saya gunakan (v3.15)
prox1

Yang perlu dilakukan hanyalah membuat profile pada proxifier. Pilihan ini ada pada profile > proxy server > add. Tambahkan alamat, port, dan otentikasi jika ada. Proxifier pun siap digunakan.

prox2

Secara default, proxifier bekerja jika aplikasi diaktifkan. Untuk mengetahui apakah proxifier sudah berjalan atau belum dapat dilihat pada panel icon yang terletak pada kanan bawah (pada pc saya, saya menaruhnya pada kiri). Jika proxifier ingin dibuat hidup secara default, klik File > autostrat. Cara ini tentu akan membantu dalam penggunaan internet yang lebih efektif. Apalagi jika kita memiliki tempat untuk berinternet lebih dari satu dan setiap tempat harus menggunakan proxy tersendiri. Hal yang perlu diperhatikan adalah cara ini tidak akan membuka port port yang tidak dibuka oleh administrator proxy (biasanya yang pasti bisa adalah port 8080 atau 80). Jadi jangan harap bisa main game di kampus (kecuali portnya dibuka).

prox3

Tentu nya jika sudah keluar dari internet yang terproxy, proxifier haruslah ditutup. cara menutupnya adalah dengan klik kanan pada icon proxifier kemudian exit. Semoga tips ini membantu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s