SMA 1

lama sudah aku ga menapaki bumi teladan. Hampir setahun lamanya kepulangan ku ke jogja hanya menyambangi rumah, rumah teman, dan rumah saudara. Hari itu 4 september 2010 akhirnya aku kembali ke tempat itu. Bukan karena keinginanku tetapi karena bis yang menghantarkan ku dari bandung ke jogja emang berhenti disana. Di SMA terlihat aktivitas yang cukup sibuk, yang ternyata ada sebuah acara pertemuan wali murid kelas X dengan para guru. Aku pun bersilaturahmi dengan guru yang kutemui.

Tanpa sadar kakiku melangkah ke lapangan basket. Tempat dimana semua sie otonom memiliki basecamp tersendiri disana. Pikiranku melayang disaat-saat aku masih aktif di sie otonom yang pernah memberikan jasanya kepada ku, Teladan Science Club. Sebuah klub yang berjalan pada dunia karya ilmiah remaja. Sungguh sesuatu yang menyenangkan masa-masa itu.

Setelah beberapa saat di habitat dan menempelkan sebuah surat dipapan tulisnya akupun keluar. Dari samping ruangan itu keluarlah simbah, alias mantan ketua TJRC yang juga mantan ketua PMR di jogja. Berbicang akrab dengan anak-anak disana. Entah kenapa ada satu ingatan yang tiba-tiba menyeruak di otak ku.

Hal itu adalah gempa jogja. 27 mei 2006. Teringat jelas dalam ingatanku disaat gempa, aku keluar rumah hanya dengan mengenakan handuk yang untungnya cukup tebal dan cukup panjang. Untuk keluar rumahpun perjuangan yang sangat keras, pintu tiba-tiba macet hingga berdiripun susah. Ketika disekolah, semua setuju untuk memindahkan bakti sosial kami di daerah gempa. Sungguh mengiris hati. Kami membongkar reruntuhan rumah tanpa tau apa yang tertimbun didalamnya dan berbaur dengan para korban.

Lebih ekstrim lagi TJRC yang langsung berada di rumah sakit. Melihat tumpahan darah yang mengalir, tulang yang lepas dari pembalutnya, dan juga mendengar isakan tangis yang memilukan. sungguh pekerjaan yang mulia. Lamunanku kembali. Akupun bersyukur bahwa aku pernah sekolah disini. Seandainya aku ga disini, aku ga membayangkan bahwa aku akan melakukan bakti sosial secara langsung di area bencana. Dan mungkin aku juga ga akan pernah melihat kebesaran hati teman-teman ku yang berjuang dengan hati ikhlas. Terimakasih Teladan, Jayamahe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s